Perempuan Madura Suka Kosmetik Aneh-Aneh

28 07 2009

Pemerintah Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, menghimbau warga setempat waspada terhadap obat tradisional dan kosmetik asal luar negeri yang diduga mengandung bahan pewarna berbahaya dan telah dipasarkan secara bebas.

“Ini penting diperhatikan, apalagi warga Madura pada umumnya suka menggunakan kosmetik yang aneh-aneh atau lain daripada yang biasa digunakan masyarakat luas,” kata RM Ramadianti, dari Seksi Kefarmasian Makanan dan Minuman Dinkes Pamekasan, Jumat.

Ia mengingatkan warga untuk lebih waspada terhadap obat tradisional dan kosmetik luar negeri, yang dilaporkan banyak mengandung bahan kimia dan zat pewarna terlarang.

Sedikitnya ada 27 jenis kosmetik dari luar negeri yang dilaporkan menggunakan zat kimia dan pewarna terlarang, semisal produk dari China, Hongkong, dan Taiwan.

Tanpa merinci nama-nama kosmetik yang diduga mengandung bahan terlarang itu, namun diingatkan bahwa tidak tertutup kemungkinan produk-produk terlarang itu sudah masuk wilayah Kabupaten Pamekasan.

Hal itu mengingat pangsa pasar kosmetik di Madura, termasuk Pamekasan, cukup besar, karena masyarakatnya senang kosmetik yang “aneh-aneh”, termasuk produk-produk baru.

Ramadianti juga menjelaskan, obat tradisional yang diduga mengandung zat pewarna terlarang atau menggunakan zat kimia, juga perlu diwaspadai.

Sebab, sedikitnya 93 jenis obat tradisional asal Cilacap, Kudus, Banyuwangi, Banyumas dan Surabaya, diduga kuat mencampurnya dengan obat terlarang, semisal antalgin, detamisaton dan zat pewarna lainnya.

“Bila manusia terlalu banyak mengonsumsi zat pewarna yang mengandung kimia, maka akan berbahaya terhadap kekebalan tubuh,” tegasnya tanpa menjelaskan jenis obat tradisional yang diduga mengandung bahan terlarang.

Ia berharap, masyarakat tidak mudah tergiur oleh kosmetik luar negeri maupun obat tradisional yang dinilainya akan menambah kesehatan. Sebaiknya, setiap akan mengonsumsi obat dan menggunakan produk kecantikan luar negeri, berkonsultasi kepada yang lebih tahu.

Sumber: http://www.kapanlagi.com/h/0000152681.html


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: